Uluwatu Bali, Keindahan Pura Di Atas Tebing Curam

Pura Uluwatu Bali
Pura Uluwatu Bali

Uluwatu adalah sebuah tempat tujuan wisata yang terkenal di Pulau Bali, dengan menawarkan keindahan alam yang menghijau, pura di atas tebing setinggi 50 meter dan dari atas tebing terlihat ombak yang menghempas tepian tebing dengan gulungan berwarna putih, jika memandang sejauh mata, terlihat biru hamparan laut yang langsung menghadap ke samudera hindia. Uluwatu Bali adalah sebuah daerah wisata yang terkenal dengan perpaduan Bangunan Pura dan keindahan tebingnya. Salah satu spot yang paling di kunjungi disini adalah Pura Uluwatu, dimana letak pura ini berada di atas tebing dan sedikit agak masuk ke laut sehingga memberikan kesan luar biasa akan keindahan dan kemegahan bangunan.

Nama Pura Uluwatu ini cukup di kenal dengan keindahan dan keajaiban tersebut, anda bisa membayangkan bagaimana menariknya sebuah pura yang berdiri di tepi tebing dengan ketinggian hingga 50 meter. Pura ini merupakan pura yang sangat besar pengaruhnya dalam sisi spiritual masyarakat Bali. Pura ini merupakan penyangga dari 9 mata angin yang mereka sebut sebagai Sad Kayangan dalam kepercayaan mereka.

Setiap pengunjung yang datang ke lokasi wisata Uluwatu ini tentunya tidak hanya akan melihat keindahan Pura dan tebingnya saja, pada sore hari pengunjung akan melihat indahnya matahari terbenam di sebelah barat di arah Samudera hindia, selain itu juga di lokasi ini sering digelar acara Tari Kecak, tarik kecak adalah tarian tradisional yang terkenal dari pulau Bali.

Menuju Uluwatu

Untuk menuju Uluwatu anda akan menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat kota Denpasar, uluwatu berada di bagian selatan pulau bali, selama perjalanan ke uluwatu, anda akan melihat keindahan-keindahan dan kehidupan masyarakat bali. Di sepanjang jalan anda akan melihat patung-patung yang terukir dengan indahnya. Anda juga akan melintasi bandara udara Ngurah Rai, tidak jauh dari arah bandara ini terdapat sebuah patung dimana seorang pria naik diatas kuda dan seorang wanita yang mengendarai kereta kuda tersebut, dan terlihat patung tersebut seperti menggambarkan sebuah pertempuran dalam zaman dulu.

Sesampai di lokasi Uluwatu, sebelum memasuki area uluwatu, anda akan diberikan beberapa pakaian seperti tali pinggang namun terbuat dari kain dan sebuah sarung untuk anda yang menggunakan celana pendek. Unik memang, setelah melewati gerbang, anda akan terlebih dahulu melewati kumpulan monyet-monyet yang terlepas bebas di daerah Uluwatu ini, anda bisa memberikan mereka makanan seperti pisang, namun hati-hati terhadap tingkah laku mereka, terkadang mereka usil dan mau merampas apa yang kita pegang, anda akan merasa senang melihat tingkah laku mereka yang lucu dan sedikit agak nakal.

Anda juga akan melewati desa-desa dengan arsitek rumah yang kental dengan budaya bali. Bukan hanya itu, anda juga akan melewati lokasi wisata yang juga terkenal yaitu GWK (Garuda Wisnu Kencana).

Sementara untuk akomodasi, anda tidak usah ragu, didaerah Uluwatu Bali ini banyak hotel, villa atau semacam homestay yang siap untuk anda tempati, dengan segala kenyamanan dan keramahan para penduduk Bali. So, selamat berwisata ke Tempat wisata Uluwatu – Pulau Bali.

Published by

Afizul

Afizul merupakan seorang traveler yang telah berkeliling ke banyak tempat wisata yang ada di Indonesia. Dia juga seorang blogger yang suka mendokumentasikan perjalanannya dalam bentuk tulisan. Di blog ini, dia membagikan pengalamannya untuk para pembaca agar bisa menjadi referensi bagi yang akan berwisata. Selamat menikmati tulisan-tulisannya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *